Tuesday, January 31, 2017

PENGALAMAN SELEKSI KERJA PT. EQUITY WORLD FUTURES

[Cerita pengalaman proses rekrutmen pekerjaan ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya, menurut pandangan saya dan berusaha untuk tidak memihak, menjatuhkan atau mengubah sudut pandang pembaca menjadi negatif terhadap perusahaan. Tujuan tulisan ini semata-mata hanya untuk membagi pengalaman dan memberi gambaran kepada pembaca yang mungkin akan melalui proses rekrutmen yang sama. Selamat membaca dan berpikir secara bijak.]

Pengalaman seleksi di PT. Equity World Futures ini dimulai saat saya salah masuk Job Fair. Bukan salah masuk sih sebenernya, tapi Job Fair yang saya datangi saat itu tidak sesuai dengan ekspetasi. Job Fair yang saat itu diselenggarakan oleh salah satu SMK Negeri di Surabaya ternyata hanya berisi sedikit perusahaan dan dominan diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK. Sehingga saya masuk ke dalam Job Fair itu tidak sampai 10 menit sudah selesai melihat seluruh perusahaan dan langsung keluar. Untung saja masuknya nggak bayar hehe.

Nah, di Job Fair itu saya bertemu dengan PT. Equity World Futures. Kebetulan stand perusahaan ini berada di paling ujung dekat pintu masuk, jadi saat saya baru masuk ruangan langsung disambut mbak-mbak yang memberikan pamflet lowongan di EWF.  Di pamflet itu tertulis beberapa lowongan pekerjaan, tapi saya rasa tidak ada yang sesuai dengan saya karena kebanyakan berhubungan dengan keuangan. Lalu di poin nomor terakhir ada lowongan Management Trainee dan saya tertarik untuk menanyakannya. Kemudian saya duduk di stand dan disambut hangat. Saya menanyakan perusahaan ini bergerak di bidang apa, mbaknya bilang perusahaan di bidang keuangan. Lalu saya bilang kalau saya lulusan Arsitektur, bagian apa dong yang cocok dan bisa saya lamar. Saat itu mbaknya menyarankan saya untuk langsung mencoba bagian Assistant Relationship Manager, dengan alasan saya lulusan S1 dan cantik. Nggak ngerti juga apa hubungannya sama fisik wkwk. Tapi saya mendengar disarankan untuk langsung mendaftar di bagian itu langsung tertarik, karena di pamflet lowongan tersebut bagian ARM termasuk lowongan yang jabatannya paling lumayan. Kemudian saya menanyakan ARM itu emang job descnya ngapain kok mbaknya bisa yakin saya cocoknya mencoba bagian itu. Tapi mbaknya tidak mau menjelaskan karena untuk job desc nanti bisa ditanyakan langsung saat interview. Yasudah saya coba saja mendaftar dan kalau lolos akan langsung diinfokan sore itu juga, dan besoknya langsung interview.

Sorenya, saya mendapat telepon dari EWF bahwa saya lolos administrasi dan diminta datang interview keesokan harinya. Saya yang belum paham EWF ini sebenarnya perusahaan apa, akhirnya saya googling dan hasil yang muncul sangat mengagetkan. Banyak sekali artikel yang menjurus mengenai penipuan yang dilakukan EWF. Saya buka web EWF dan artikel-artikel lainnya bukan langsung paham, tapi semakin bingung ini sebenarnya perusahaan apa. Saya baca per kalimat per kata, tapi saya yakin ini bahasa perekonomian yang saya nggak pernah tau hehe. Tapi saat saya share dengan pacar saya, dia bilang sepertinya ini perusahaan saham. Yasudah saya anggap saja seperti itu, walaupun saya juga bingung kenapa mbak yang di Job Fair cuma bilang perusahaan keuangan, dan kenapa banyak sekali artikel penipuan. Tapi saya masih mencoba positive thinking dan datang panggilan interview keesokan harinya.

Saya yang sudah diberi info lengkap lokasi tes langsung tau dimana tempatnya karena kantor EWF ini berada di gedung office dan apartment yang berseberangan dengan salah satu mall di pusat Kota Surabaya. Saat saya keluar dari lift dan melihat penampakan resepsionis kantor EWF… Wow! Kemudian masuk ke area kantor, menuju ruang peserta… WOW! Saya mau kerja di kantor ini! Super zuper cozy banget nget! Kantornya besar dengan banyak ruangan yang besar-besar juga, dan tiap ruangan juga diisi banyak sekali karyawan. Pikirannya saya semakin positif dan menganggap ini perusahaan besar yang nggak mungkin melakukan penipuan. Penipuan itu pasti cuma karena kesalahpahaman. Apalagi ini perusahaan di bidang keuangan, saham dan hal-hal sensitif seperti itu. Begitu pemikiran saya saat itu. Saya masuk ke ruang yang ternyata itu ruang khusus training room, khusus untuk pendaftar kerja dan tes seleksi karyawan baru. Ruangannya seperti ruang meeting dengan meja kotak dan kursi-kursi mengelilingi, serta LCD proyektor yang canggih hehe.

Disitu peserta disuruh duduk dan menunggu dipanggil satu persatu untuk dibawa ke ruang atasan yang langsung akan menginterview. Herannya saat itu saya datang tidak terlalu awal tapi malah cepat dipanggil hehe. Saya langsung dibawa ke sebuah ruang di dekat resepsionis. Ruangan itu lebih tertutup dibanding ruang lainnya karena tidak memiliki jendela dan berukuran lebih kecil. Begitu dibukakan pintu, ternyata ruangan itu hanya berisi 1 orang wanita yang sepertinya sudah memiliki jabatan tinggi di EWF. Yang saya perhatikan saat itu komputer di meja ibu tersebut menampilkan grafik yang terus bergerak. Walaupun saya tidak paham, tapi saya merasa itu grafik saham dan sejenisnya. Jadi saya semakin yakin perusahaan ini memang bergerak di bidang saham.

Dari awal saya masuk ruangan tersebut, ibu yang akan menginterview saya ini sangat ramah dan berkali-kali memuji saya cantik sekali. Haha bukan cuma bikin kepedean, tapi ini jadi poin penambah kepercayaandiri saya, sampai saya bingung harus menjawab seperti apa ketika ibu tersebut lagi-lagi memuji saya cantik. Beberapa saat setelah saya duduk di hadapannya, ibu tersebut membaca berkas lamaran saya dan menanyakan sedikit tentang saya. Tentang pendidikan, tempat tanggal lahir, dan memastikan saya melamar posisi apa. Ibunya juga menanyakan apa saya sudah tau job desc posisi tersebut, kemudian saya ceritakan yang dibilang mbak penjaga stand saat Job Fair. Lalu ibu tersebut mengiyakan dan bilang untuk posisi dan job desc nanti akan disesuaikan dengan hasil psikotest. Jadi hari itu cukup interview sebentar hanya untuk mencocokan kebenaran berkas dengan kehadiran peserta, kemudian saya diberi kesempatan untuk mengikuti psikotest keesokan harinya. Begitu informasi yang ibu tersebut berikan. Tidak sampai 15 menit saya sudah selesai dan boleh pulang.

Keesokan harinya, saya datang kembali untuk mengikuti psikotest. Di kantor yang sama dengan ruang yang berbeda karena psikotest ini diikuti seluruh peserta, kurang lebih 50 orang, dan harus duduk layaknya tes. Sehingga peserta ditempatkan di ruangan yang sudah di setting dengan kursi tes yang berjejer-jejer, tapi ruangan ini tidak kalah nyamannya dengan ruang sebelumnya. Sambil menunggu tes dimulai, ada satu hal lagi yang saya kagumkan pada kantor EWF. Setiap hari non stop terdapat alunan musik yang dipasang melalui speaker kantor. Setiap pagi musik yang terpasang adalah sholawat dan lagu-lagu islami, kemudian agak siang dilanjutkan dengan lagu-lagu pop barat terkini. Saya yang seorang muslim dan masih muda merasa mengapresiasi suasana kantor yang seperti itu.

Kemudian psikotest dimulai dengan dipandu oleh mbak-mbak HRD. Saat tes berlangsung, ada lagi yang saya kagumkan dari ruangan kantor ini. Bukan hanya ACnya yang sejuk dan nyaman, LCD yang digunakan ternyata canggih dengan sistem papan LCD yang sangat besar, touchscreen dan menggunakan spidol dan penghapus khusus yang memudahkan pemandu dalam memandu jalannya tes. Mungkin di kantor-kantor lain sudah banyak yang menggunakan ini ya. Tapi bagi saya yang baru pertama kali tau, ini sangat memukau hehe. Tapi………… ada yang saya sayangkan dan herankan pada psikotest EWF ini. Psikotest seleksi kerja yang menurut saya merupakan tes yang formal dan sakral ternyata tidak seperti yang saya bayangkan. Psikotest ini terdiri dari beberapa bagian tes. Pada bagian tes koran/pauli, mbak-mbak pemandu tidak hanya memberikan penjelasan di awal, tapi sejalan dengan berjalannya tes malah keliling untuk memberi arahan langsung kepada peserta tes yang kurang paham. Dan itu tidak hanya satu-dua peserta yang tidak paham dan dibimbing pengerjaannya, tapi banyak sekali. Sehingga tes ini yang seharusnya ada waktu tertentu untuk memberi batas garis, malah seperti lamaaa sekali karena mbak-mbak pemandunya sibuk membantu banyak peserta.

Kemudian pada psikotest bagian DISC, yang seperti tes kepribadian ada 4 poin itu, baru kali ini saya melakukan test DISC yang langsung dikoreksi dan dinilai sendiri. Jadi yang biasanya saya hanya mendapatkan 1 lembar kertas pada tes DISC, tapi saat di EWF ini saya mendapatkan 3 lembar kertas tes DISC. Lembar pertama sama seperti tes DISC lainnya yaitu poin-poin yang harus kita pilih mana yang ‘paling’ dan mana yang ‘kurang’. Lembar kedua berisi simbol-simbol, dan peserta diminta untuk memindahkan jawaban DISC di halaman pertama ke simbol-simbol di halaman kedua. Lalu lembar ketiga berisi kolom score penghitungan jumlah simbol, yang dibawahnya langsung dibentuk grafik. Walaupun secara umum peserta tidak akan tau maksudnya, tapi dari hasil score dan grafik itu sebenarnya bisa membuat peserta membaca bagaimana strategi mengerjakan DISC.

Kemudian saat bagian tes selanjutnya yaitu tes gambar. Tes ini ada sekitar 40 soal yang akan muncul di layar LCD. Tiap soal sudah memiliki waktu otomatis sendiri, jadi setiap beberapa menit soal akan otomatis berganti ke soal berikutnya. Model soal ini ada beberapa gambar sebagai soal, kemudian peserta disuruh memilih jawaban gambar mana yang cocok untuk menjadi gambar yang kosong atau cocok untuk melanjutkan gambar sebelumnya. Nah, karena pada saat tes ini soal sudah otomatis berjalan, mbak-mbak pemandu tidak menjaga ruangan sehingga peserta sangat gaduh dengan saling berdiskusi dengan temannya apa jawaban yang menurut mereka benar. Suasana seperti itu sangat menganggu konsentrasi.

Model psikotest di EWF ini yang saya sayangkan dan herankan. Perusahaan besar seperti ini kenapa model psikotestnya seperti tidak ada sakralnya sama sekali. Seolah tes ini hanya formalitas saja. Namun, saya tetap berpositive thinking menganggap mungkin karena peserta yang mengikuti psikotest di EWF ini dari berbagai kalangan, jenjang pendidikan dan banyak yang belum memiliki pengalaman psikotest. Setelah psikotest selesai, diumumkan bahwa hasil akan diumumkan besok. Seluruh peserta diminta hadir kembali besok untuk mengikuti pengarahan perusahaan atau semacam presentasi perusahaan.

Singkat cerita, esok harinya dilaksanakan presentasi perusahaan oleh HRD EWF, seperti bapak koordinator. Presentasinya sangat menarik dimulai dari jam 9.00 sampai 12.00 tanpa rasa bosan sama sekali, karena bapaknya seolah lebih banyak menceritakan real story yang menarik perhatian peserta. Dari presentasi tersebut, sudah bisa menyimpulkan sebenarnya EWF perusahaan apa, bergerak di bidang apa, tapi tetap belum jelas apa yang harus dikerjakan di perusahaan tersebut. Setelah presentasi selesai, ada beberapa staff yang masuk dan membawa daftar nama peserta. Tiap staff memanggil nama-nama di daftar masing-masing dan diminta untuk mengikuti. Kebetulan saya dipanggil oleh staff terakhir, sehingga tetap berada di ruang tersebut bersama sekitar 30 orang (paling banyak dibanding yang lainnya). Kemudian mbak staff tersebut menjelaskan bahwa kami semua lolos tes dan sudah dibawa menjadi tiap-tiap divisi. Ada seorang peserta yang menanyakan apa memang semua yang dipanggil tadi lolos? Dan ternyata, iya, semua peserta yang hari itu hadir lolos. Entah lalu apa manfaat dari rangkaian tes sebelumnya. Kemudian mbak tersebut menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan berikutnya adalah 2 hari pengarahan dan 1 bulan training. Pengarahan langsung dimulai besok untuk menjelaskan lebih detail tentang perusahaan, job desc, gaji, dll.

Keesokannya saya datang untuk menghadiri pengarahan hari pertama. Disini segala keyakinan saya tentang nikmatnya perusahaan ini mulai runtuh. Saat pengarahan langsung dipimpin oleh Kepala Divisi yang melakukan presentasi mulai dari cerita pengalaman beliau masuk ke EWF, apa itu EWF, gaji yang dia dapat saat awal dan gaji terbesar, kemudian sistem kerja, serta job desc dan gaji. Disini saya merasa sedikit kecewa, tapi perusahaan ini memang dari awal tidak pernah salah. Memang benar saya diarahkan menjadi Assistant Relationship Manager, karena memang bagian itu adalah posisi paling bawah untuk kemudian naik melalui jenjang karir ke posisi Manager yang juga banyak tingkatannya. Kemudian untuk job desc, kami harus mencari data sebanyak-banyak untuk melakukan kontak dan sosialisasi produk dari Kementrian Perdagangan, berupa saham dan emas. Dari tiap produk yang dapat kita closing (laku) maka akan mendapat komisi langsung dari Pemerintah. Mungkin memang gaji pokoknya nggak seberapa, malah untuk posisi Asisten Manager belum sampai UMK Surabaya, tapi komisi itu yang akan membuat nominal gaji jadi luar biasa. Semakin banyak closing, semakin tinggi komisi yang didapat. Nah, sayangnya saya bukan tipe orang yang bisa bekerja dengan sistem seperti itu. Disinilah keraguan saya memuncak, apalagi ditambah data awal yang harus digunakan untuk dihubungi adalah kerabat terdekat seperti keluarga, teman, saudara, tetangga, pokoknya semua orang yang kita kenal dan berpotensi. Wah saya semakin nggak bisa. Dimulailah masa galau saya. Antara ingin melepas (lagi) karena tidak akan nyaman dan ingin mencoba karena sudah bosan menganggur.

Hari kedua pengarahan, hari pertama training dan hari kedua training saya tidak datang, karena kebetulan ada acara keluarga di luar kota dan tidak enak badan. Pada hari ketiga training saya mencoba menghubungi mbak EWF untuk menanyakan apa saya masih bisa hadir ke kantor, dan ternyata dibolehkan. Saya datang dan langsung beradaptasi dengan pekerjaan yang harus saya lakukan. Kagetnya, dari sekitar 30 orang peserta baru di divisi saya, hanya 4 orang (termasuk saya) yang masih bertahan dan hadir di EWF hari itu. Saya mencoba bertahan dengan sistem kerja yang bukan saya banget. Saat itu saya baru diminta untuk menulis data kontak kerabat terdekat yang sekiranya mau diajak dan mendengarkan sosialisasi EWF. Saya tulis saja beberapa keluarga, dosen dan orang-orang lain yang kontaknya saya dapat dari teman. Tapi disini saya semakin merasa terpaksa. Saya merasa seperti orang yang sangat memanfaatkan orang lain dan menjual data pribadi saya kepada perusahaan. Saya yang biasanya menghubungi teman-teman murni untuk urusan pertemanan, kali ini saya rela pasang muka tembok menghubungi banyak teman saya hanya untuk meminta kontak dosen atau bos mereka.

Hari itu karena seharusnya hari cuti bersama, jadi EWF hanya masuk setengah hari sampai jam 1. Kemudian dilanjutkan materi sampai jam 4. Sama aja nggak masuk setengah hari ya haha. Katanya, memang setiap hari setelah kerja akan ada materi, untuk hari biasa dimulai jam 4. Saat itu materi diisi salah satu Manager di divisi saya juga, menjelaskan tentang cara presentasi kepada calon nasabah saat sosialisasi. Dari sekian panjang materi beliau, ada satu kalimat beliau yang saya jadikan quote saat itu juga dan membuat saya sadar.

“Setiap orang pasti punya jatah gagal. Jadi jangan sedih saat kamu sudah berkali-kali mencoba dan masih belum berhasil. Itu tandanya Tuhan menyuruh kamu habiskan dulu jatah gagalmu. Baru setelah itu kamu rasa nikmatnya berhasil/sukses.”

Dan entah kenapa kegalauan saya beberapa hari untuk melepas kesempatan kerja di EWF jadi lenyap. Saya jadi yakin untuk tidak memaksakan diri di EWF. Mungkin Allah memang belum memberikan pekerjaan untuk saya karena saya sudah diberi banyak keberhasilan sejak dulu, dan sekarang saya harus menghabiskan jatah gagal saya sebelum merasakan keberhasilan lagi.

Buat pembaca yang mungkin akan menjadi staff EWF, jangan terpengaruh dengan berita-berita yang membicarakan minusnya EWF. Semua perusahaan pasti memiliki plus minus. Menurut saya, jika ada orang yang berpotensi dan bisa bekerja dengan sistem kerja EWF yang seperti itu, saya yakin 100% jalannya akan sangat amat sukses. Karena saya melihat langsung bukti nyata orang-orang di EWF yang penghasilan mereka bukan lagi satuan atau belasan juta. Sayangnya saya justru memiliki kekurangan di bidang perusahaan ini, jadi saya harus melewatkan kesempatan jadi konglomerat ekspress :’)


Sekian. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

289 comments:

  1. Terimakasih atas infonya mba :)

    ReplyDelete
  2. Senin bsok saya intervew.
    Tpi saya penasaran secantik apakah anda ? 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nich. Berulang kali disebut.

      Delete
    2. Bagaimana hasil I terviewnya??
      Masih bertahan?? Soalnya saya bsok interview
      Reply yah..

      Delete
    3. saya jg besok dpt panggilan. mgkn bs share utk komentar unknown di atas saya, bgmn kemarin pengalamannya. trmkasih

      Delete
    4. Saya juga besok dapat panggilan interview

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Saya juga mengalami hal serupa dengan mbak, cuma saya meragukan sejak awal karena saya memilih posisi management trainee, tapi kerjaannya mencari nasabah yang mau invest/ tanam saham.
    Akhirnya saya tidak datang pada hari ketiga dimana saya dinyatakan lolos tahap seleksi.
    Saya merasa ini bukan pekerjaan yang tepat buat saya.
    Alhasil, saya menjadi jobseeker lagi
    Tetep semnagat....

    nice sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berati posisi manajement trainee itu mencari nasabah?

      Delete
    2. Berati posisi manajement trainee itu mencari nasabah?

      Delete
    3. bukan kk, posisi management trainee itu posisi dimana kita di ajarkkan , diberikan pembekalan, untuk mjadi seorang manager, karena menjadi seorang manager itu harus menguasaii semua bidang, dari yg terbawah sampai yg tertinggi jabatannya. jadi kita hrus melewati masa masa seperti marketing atau bisnis konsultan, telemarketing, admin, GA, ESM, BSM . Dan masih byk lgi , soalnya posisi saya skrg adalah MT, YUUK sukses bareng kk.

      Delete
    4. Masih ada lowongan untuk MT? Saya mau dong ka.

      Delete
  4. atas izin Allah mba.. ngga dibiarkan masuk ke dunia riba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar dulu yang benar sebelum mengatakan sesuatu itu haram atau riba.... baca dulu fatwa MUI mengenai perdagangan berjangka...

      Delete
  5. WAduh besok senin 11-09-2017 saya ada panggilan
    Maksih infonya mba, jd tau

    ReplyDelete
  6. Hehehe gmna proses interviewnya mas teguh?aku selasa besok interview...ini kagak riba kan?

    ReplyDelete
  7. Terima kasih mbak blog nya. kemaren saya ikut jobfair tau2 dapet telepon disuruh interview padahal gak masukin CV sama sekali. ternyata meragukan ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gitu mba, jadi bingung.. ga masukin cv tau2 di panggil, pas nyari tau perusahaan baca di web malah makin bingung.. orangnya agak maksa saya untuk datang jd agak kesel

      Delete
    2. sudah beberapa hari ini saya juga menelusuri tentang EMF ya allah pantes aja hati ini ragu untuk pergi ke jakarta, ternyata pekerjaannya seperti itu, saya juga dapet kiriman dari kawan saya dan aneh nya saya kirim cv ke kawan saya dan hari ini saya disuruh dateng aja ke kantor sedangkan panggilan aja GAK ADA, dan kalo kerja nya harus cari nasabah saya nyerah deh. itu ga gampang apalagi kalo memang GAPOK kita ga sampe UMR ya allah sedih banget sudah pernah ngalamin kerja jauh dari rumah gaji GAK UMR trus target ga nyampe buat bayar kosan aja bersukur banget. terimakasih mba sudah berbagi cerita

      Delete
  8. Wah, cerita ny mirip bngt sama cerita aku.. sluk bluk nya dpt pnggilan di perusahaan berjangka.. awal ny senang bngt krja d prusahaan mewah, tpi kita mlah kyk gembel disana.. :D

    ReplyDelete
  9. Deposito itu baru riba. Kl perdagangan emas si g termasuk riba lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Termasuk haram, karena barang fisiknya yg diperdagangkan tidak ada.

      Delete
    2. tidak ada gimana nih mas ? sy belum ngerti dibagian ini

      Delete
    3. Barangnya ada di pusat perdagangan emas di Bullion London. dan ada fatwa MUInya mengenai perdagangan berjangka ini... jadi sebelum mengatakan sesuatu itu riba atau haram, pelajari dulu baik-baik

      Delete
    4. Barang fisiknya ada mas.dan emas fisiknya sendiri ada di BBJ di jakarta setau saya.

      Delete
  10. saya kemarin juga dapat panggilan untuk interview, dan hari ini disuruh datang ke trilium office di surabaya untuk melakukan interview tersebut.
    tp setelah saya baca pengalaman mbak cantik ini, saya merasa juga tidak punya bakat untuk pekerjaan ini.
    dan sebenarnya sihh hal yang paling saya takutkan kalau saya hadir interview malah di bilang ganteng..
    :-)

    ReplyDelete
  11. Waduh. Itu sebelumnya disuruh ketemu MR. Am*u bkn?

    ReplyDelete
  12. Blog nya nyinyir halus, tp emg iya sih mau ngerekrut org aja di awalai dengan kebohongan, pdhl waktu job fair tinggal tulis aja di cari sales emas dan saham berjangka, ya gak? Mending jadi sales mobil deh yg pasti pasti aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. sales dan marketing beda loh mas, lbih berkelas marketing drpd ales. pahami dlu.

      Delete
    2. Sales sma marketing beda mas.. Sales menjual aja, marketing melakukan penawaran, melakukan penandatanganan PK, memantau dan meneriman konsultasi account atw nasabah. 100% beda itu..

      Delete
    3. Justru itu, harusnya marketing itu gausah ada, udah dibagi dua aja, satu sales, satu konsultan
      Sales bagian cari, konsultan bagian terima jadi nasabahnya dan bantuin nasabah aja
      Kalo sales dan konsultan jadi 1 ya keteteran lah, jangan cari freshgrad kalo kayak gitu, S1 segala bidang pula
      Udah bertahun tahun lho masalah gini, ga ngerti lagi kok perusahaan futures pada ga belajar
      Mungkin karena emang beneran ada yang kejaring kali ya
      Tapi tetep aja nyebelin banget anjing, kayak ngerjain para jobseeker yang beneran niat buat cari kerja

      Delete
  13. Hari ini dapat panggilan...untung ada reviewnya...jd penasaran sama yg nulis artikel,secantik apa? Hehe

    ReplyDelete
  14. Kemarin sy jg dpt panggilan interview, padahal sy ngk prnh melamar ksana. Sy yang di gedung cyber 2 - Kuningan Jakarta. Akhirnya sy datang dan dinyatakan lulus interview, suruh datang lagi hari ini untuk psikotest jam 9 pagi. Tidak puas dengan cerita mba cantik ini (secantik apa sih jd penasaran, hehe..) kemudian sy lanjut searching" lagi, dan ternyata bnyk netizen yang posting cerita" kurang bagus. Akhirnya sy putuskan untuk tidak datang, sy merasa sangat ragu sekali karena perusahaan dengan produk "uang" cenderung ke arah riba (menurut sy krna sy muslim). Benar kata sahabat kita lewat postingan ny di kaskus, lebih baik dagang pisang goreng di pinggir jalan, walaupun terlihat rendah tpi rejekinya sudah jelas kehalalanny...

    ReplyDelete
  15. Wah rame ya komennya. Makasih banyak buat respon + sharingnya di blog saya.
    Tapi saya malu disini banyak yg salah fokus sama cerita 'cantik' ya 😂
    Alhamdulillah saya ga secantik yg sampai wajar dipuji trs wkwk. Makanya saya jg curiga dan mulai ngerasa ga beres nih perusahaan krn bawa2 fisik, kyk yg mau dipekerjakan tu fisik saya bukan potensi saya 😂
    Tapi percayalah, dibanding mbak2 yg ada di EWF, saya ga ada apa2nya jauh bangeeeett. Jadi bisa nih buat mas2 yg pengen kerja seger liat mbak2 cantik, bisa di EWF :p
    Semoga komen selanjutnya fokus ke cerita EWFnya aja ya, jgn ke saya hehe

    ReplyDelete
  16. wah ulasannya sangat membantu, barusan dapat panggilan dr EWF yg di Jakartany sih... jadi ragu mau dtang ap gak interview besok senin

    ReplyDelete
  17. Kalo boleh tau sistem kerjanya seperti apa sih mbak, soalnya saya disuruh hadir training hari senin jam 9 pagi. Saya juga masih ragu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya sama seperti sistem kerja marketing pada umumnya mas. Jadi kita disuruh kumpulin/cari kontak orang sebanyak-banyaknya, trs kerjaan kita tiap hari telp orang yg mau kita tawarin produknya EWF itu. Kita telp ajak janjian ketemuan buat sosialisasi. Kalo udah dapet yg mau diajak ketemuan, nanti kita sosialisasi awal2nya dibantu sama senior yg udah ahli. Gitu sih mas yg saya tau.

      Delete
    2. Gak usah dilanjutin mas prosesnya, seniornya jg gak ngerti apa2, cma modal jago ngomong

      Delete
    3. sekarang apakah mbaknya masih kerja disana ?

      Delete
    4. Pertanyaaan nya itu data nasabah yang kita mau tawarin sudah ada dan kita tinggal kontak atau memang kita harus cari sendiri kontak nya kita hubungi satu persatu?

      Delete
  18. makasih kakak. sejak awal saya sudah ragu dengan embel embel future soalnya dulu juga pernah di perusahaan seperti itu dan hanya betah sehari wkwkwk

    ReplyDelete
  19. Not recomended, jangan sekali2 berpikir masuk situ deh..... Kerja disuruh boong doang.

    ReplyDelete
  20. Terimakasih mbak infonya bermanfaat, saya sudah 2kali ditlfon perusahaan ini buat join, tapi saya kurang berkenan dengan Managemen diperusahaan tsb dan typikal recruitment yg sembrono, seolah mempermainkan para jobseeker. Semoga Allah memberikan kita semua karir yang mapan, sehingga kita bisa berguna bagi setiap orang, Aamiin.
    Fighting on process!!!

    ReplyDelete
  21. Ane baru td siank di tlp mbak2 dr EWF, sama kyak mbak Atika, di suruh Up ke Bpk Robi. Mbaknya ngomong apa ane IYAin aja (dr awal mank gak niat mau dtg). Selain itu ane jg udah kerja di tempat yg jelas meski sama2 cari customers. Kita di tuntut jadi Broker, mending jauh2 dr perusahaan model gt. :)

    ReplyDelete
  22. Makasi buat reviews nya, saya juga barusan d sms suruh sms dtg k gedung trilium menemui bpk. Roby. Setelah baca postingan nya jadi sedikit terbantu. Makasi buat mbk yang udah posting :)

    ReplyDelete
  23. Nih sy lg proses interview dan training di EWF Sudirman, emg sih, agak ragu juga, biasanya yg keahliannya belok/jauh, g bakal lulus, sy aja yg lulusan komputer, bs daftar dan lg training skrg, hmm.. jd was was.. apalagi sy juga tidak suka kerja yg namanya pakai target

    ReplyDelete
  24. Makasih buat infonya
    Saya barusan dapat tlvn buat panggilan interview dan gk tau kalau itu perusahaan apa, waktu aku cek ternyata perusahaan futures dan nemu beberapa artikel ini. Mending gk datang lah dari pada nnt sama kayah yang di graha bukopin lantai 10. Buang-buang tenaga, mending cari kerjaan lain

    Thank you mbak infonya

    ReplyDelete
  25. Makasih mbak cantik infonya hehe

    Saya jg dpt telp dari perusahaan EWF. Awalnya sy seneng dpt panggilan interview buat kerja, tp sy iseng coba search perusahaan tersebut eh akhirnya nemu blog ini. Yg awalnya memang udah ragu, baca blog ini jd semakin yakin ga bakal datang ke EWF. Btw sy dpt panggilan nya di kantor cyber, Kuningan di Jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sama mas dapet panggilannya di cyber kuningan

      Delete
  26. Untung gue masih ditawarin 😒 temen gua nnya simba nya gajinya berapa dijawab 2 jutaan kerja di ewf. Dan dengernya cari nasabah sih. Dan ogebnya Kita bilang "kayak teller ya? Kyk bank gitu ya? " mba nya cuma iyain aja trus bilang "nanti mba coba ngelamar dan interview trus tanya disana" dari awal sejak simba deketin sih udah curiga mau nawarin lowongan. Mana ada sih orang nawarin lowongan. Kita yg butuh ya kita yg cari. Sama kyk mereka, mereka yg butuh kita. Gitu mungkin ya. Gatau dah hahaha

    ReplyDelete
  27. Untung gue masih ditawarin 😒 temen gua nnya simba nya gajinya berapa dijawab 2 jutaan kerja di ewf. Dan dengernya cari nasabah sih. Dan ogebnya Kita bilang "kayak teller ya? Kyk bank gitu ya? " mba nya cuma iyain aja trus bilang "nanti mba coba ngelamar dan interview trus tanya disana" dari awal sejak simba deketin sih udah curiga mau nawarin lowongan. Mana ada sih orang nawarin lowongan. Kita yg butuh ya kita yg cari. Sama kyk mereka, mereka yg butuh kita. Gitu mungkin ya. Gatau dah hahaha

    ReplyDelete
  28. Untung gue masih ditawarin 😒 temen gua nnya simba nya gajinya berapa dijawab 2 jutaan kerja di ewf. Dan dengernya cari nasabah sih. Dan ogebnya Kita bilang "kayak teller ya? Kyk bank gitu ya? " mba nya cuma iyain aja trus bilang "nanti mba coba ngelamar dan interview trus tanya disana" dari awal sejak simba deketin sih udah curiga mau nawarin lowongan. Mana ada sih orang nawarin lowongan. Kita yg butuh ya kita yg cari. Sama kyk mereka, mereka yg butuh kita. Gitu mungkin ya. Gatau dah hahaha

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Terima kasih atas informasinya mba
    Cuman saya cukup penasaran dengan kecantikan mba,,,,secantik apakah?apakah seperyi yg ku bayangkan heeee

    ReplyDelete
  31. Terima kasih mbak buat infonya, fix saya nggal dateng tes embel-embel training itu pas 2 jan

    ReplyDelete
  32. Jadi gini ya, saya salah satu staf di EWF Semarang. Penghasilan masih 30-60 jt perbulan dengan Margin nasabah 4 Milyar.
    Memang betul tidak dipungkiri setelah saya baca komentar kalian masih banyak yang ragu untuk bekerja di EWF.
    Jadi ini FAKTA nya :
    1. Broker adalah pekerjaan yg berpenghasilan paling besar didunia, dilanjut dokter.
    Nah broker terima penghasilan bukan gaji yaitu berupa, basic, komisi, bounty.
    2. Broker terima penghasilan setelah CLOSING ( dg minimal saldo $10000 untuk grade A )
    3. MGM ( member get member ) itu salah satu solusi untuk mendapatkan penghasilan lewat merekrut staf, dg syarat staf harus CLOSING.
    Dan jabatan mengikuti margin dr staf yg CLOSING.
    4. EWF adalah perusahaan yg LEGAL dan TIDAK RIBA
    5. BROKER EWF dilarang keras setle akun NASABAH, jadi disini kita betul memberikan pelayanan jasa dan informasi
    ( UU 32 Tahun 1997 , pasal 51 Bab 7 )

    Saya hanya tamat SMA , tapi saya BERJODOH kerja disini.

    Pesan Moral
    "Tenang, Kalem, Kuasai"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi intinya nyari nasabah ya mas?
      Kalau ga dapet nasabah ga ada komisi, bounty dll? Untuk gaji ada ngga?

      Delete
    2. Kalo call center disana kerjaannya apaan yaa mas kira kira??

      Delete
    3. Mas Saya juga besok mulai kerja nih Kira kira ambil gak ya d ewf jakarta

      Delete
  33. Saya ada panggilan besok pagi utk bagian customer relation officer di EWF gedung cyber 2. Penasaran & jadi ragu baca komenan beberapa blog :/

    ReplyDelete
  34. Saya juga dpt panggilan hari Kamis 11 Januari di gedung cyber 2. Sebagai Management Trainee.... Kalau penasaran mba Selvina shilla, Ayuk bareng besok kita coba tes nya....

    ReplyDelete
  35. Kalau masih training digaji ga mbaa?

    ReplyDelete
  36. Kalau masih training digaji ga mbaa?

    ReplyDelete
  37. Saya jg dpt panggilan dr EWF, senin tgl 22 saya psikotesta dan interview, tp pas baca ini saya jd agak ragu untuk datang, mohon masukannya??🙏🙏

    ReplyDelete
  38. Pada senin minggu lalu saya di ajak teman untuk melamar di EWF,dan ada niatan untuk berangkat,sebelum nya sya cari info dgoogle ternyata sperti yg mbak Atika post bergerak di bdang semacam broker sales,sya gak tertarik ..tapi teman saya berangkat sndiri tanpa bilang lagi,dan tepat nya sekarang dy ngabarin bahwa dterima di EWF sbagai ass businiss consultant,,sya tanya salary nya lumayan sih 5-6 K ,,wooowww ya mungkin dsna ada bakat terpendam dy .hahhahhaha
    Thanks mbak Atika

    ReplyDelete
  39. Terus kerjanya nyari nasabah gitu ya

    ReplyDelete
  40. Makasih loh mbak. Postingan tahun lalu tapi bermanfaat loh saya udah training hari k-2 tapi sy berhenti krna sadar akan kmampuan sy yg bkan d bidang tsb 😊

    ReplyDelete
  41. Teman saya juga dapat pengalaman yang sama, dari perusahaan yang sama di kota Medan. Menurut Y dan E (inisial nama teman saya itu), mereka sudah bekerja disana, melakukan pekerjaan tersebut (bertelepon berkali-kali dan hadir tepat waktu setiap hari kerja) ke sejumlah nomor untuk minta memasukkan saham dan sebagainya. Tapi karena selama 30 hari itu tidak juga mendapatkan hasil, mereka sama sekali tidak digaji. Bahkan uang transport pun tidak.
    Maaf kalau ada yang tersinggung dengan ini, saya hanya memaparkan pengalaman orang lain, bukan yang saya alami sendiri. Dan menurut dari apa yang saya lihat, saya yakin dia tidak berbohong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran mba? ngga ada gaji pokok gitu misalnya ga dapet closing?

      Delete
  42. Mau nanya dong besok saya ada tes ni di situ. Kira kira dateng aja atau enggak ya. Apa besok ada yg tes juga?

    ReplyDelete
  43. Terimakasih atas info ini..mbak

    ReplyDelete
  44. Thank You mbak info nya. Besok pdahal di suruh ke EWF. Padahal seingat saya, saya gak ada jatuhin lamaran ke EWF Jakarta. Hahah

    ReplyDelete
  45. Ini barusan sy di tlp staff pt EWF katanya mau sosialisasi di toko sy...
    Lalu aku minta web.nya.. (Curiga penipuan) lihat postiingan mbak kayaknya mau jd semacam nasabah yg mau invest gt ya...

    Klo gitu ku tolak aja.. Takut riba... (Mempertahankan buka usaha tanpa riba)

    Makasii mb infonyaaa

    ReplyDelete
  46. setau saya
    saya kerja di perusahaan pialang dan itu tidak riba , soal nya udah sah dari MUI nya di tambah bisnis berjangka jakarta dan itu juga sudah di sahkan oleh kementrian perdagangan nya juga, tapi memang iya tidk semua perusahaan pialang itu positif kadang perusahaan pialang itu ada nipu nya , tapi semuaa itu gimana perusahaan nya legal apa tidak legal nya
    dan allhamdullillah yang saya jalani saat ini di pekerjaan saya ini nyamaan ko ☺ tapi semua itu kembali ke pribadi masing masing ☺

    ReplyDelete
  47. Saya bru interview hari ini,bsok dsuru datang lagi buat training, sya mmg ngajukn lamaran sih liat nya di ig lokermedan. Besok dtg gak ya? Jd ragu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga besok d panggil interview. Td interviewnya gimana?

      Delete
  48. saya udah interview juga makan waktu 2 hari, padahal pas final test saya gak isi soal yang itung2annya, tapi tetep di terima dibilangnya lolos trus langsung di suruh fingerprint, bagus sy sigap sih gak langsung mau finger print, dgn alasan masih ada kerjaan yg mengharuskan saya one month notice, trus sy disuruh catat nomor managernya, katanya kapan aja sy mau masuk udah ada kesempatan buat saya, gak perlu pakai2 test lg, saya padahal ngelamar but bagian accounting, tp di terimanya buat management training, dari awal agak curiga sih, knp sy buat accounting tp di training nya buat kayak marketing gitu, k np gak di pisah, nahhh pas keluar dari ruangan, saya diskusi dgn bbrpa orang yg juga bareng sama saya, rata2 dari mereka mengambil, dan rata2 mundur, karena setelah kita diskusi ada bbrp hal yg agak aneh kayak masalah gaji yg di kasih tau nya beda2 gitu, kalo saya di bilang nya UMR, ada yg dibilannya 2 juta selama probation

    ReplyDelete
  49. Saya tadi dapat panggilan interview juga di EWF, saya dapat info loker nya dari lokermedan. Mereka buka bagian account executive . Moohon sarannya . Saya bingung , ada positif , negatif nya setiap komentar.

    ReplyDelete
  50. Hari ini saya mau interview di cabang surabaya. Tapi saya bingung datang tidak ya.. kok sepertinya tidak meyakinkan hehe

    ReplyDelete
  51. Mau tanya..apakah semua posisi pada akhirnya akan sama saja jobdesknya? (cari nasabah)..misal kita nglamarnya untuk posisi staff humas, apakah tetap diminta cari nasabah?
    Mungkin ada yg mau sharing...terimakasih

    ReplyDelete
  52. hari ini saya baru aja interview di EWF untuk jd bisnis konsultan. dari hasil tanya2 tadi yg saya tau tdk semua posisi utk mencari nasabah. kalo bisnis konsultan utk orang yg sdh jd investor mereka konsultasi ke bisnis konsultan itu. dan bukan broker krn si investor sendiri yg "memainkan" uangnya, kalo broker ada orang inves uang si perusahaan yg "memainkan". saya jg masih penasaran sih krn baru bisa datang lg utk training :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ka mau tnya, saya jg dpt pnggiln intrview. D bgian management trainee. Itu gmn ya

      Delete
    2. Kira posisi yg bgus untuk d pilih d EWF ap ya..?

      Delete
  53. Kak aku bsok Senin tanggal 14 di suruh Dateng ke EWF di cyber 2 Tower menurut kalian aku hrus Dateng apa gmna?

    ReplyDelete
  54. bsk saya di undang utk interview di medan. mnrt tmn2 gmna ya? baiknya diambil apa engga? kebetulan saya melamar utk posisi account executive. minta saran dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba jadi datang interview yg dimedan? Jadi gimana kelanjutannya mba? Mohon infony

      Delete
  55. Besok saya juga disuruh datang untuk management trainee di jakarta gedung cyber 2 kuningan itu gimana ya? Baca artikel dr beberapa blog negative kebanyakan, jadi bingung mau dtg apa ngga besok -_-

    ReplyDelete
  56. Besok saya juga tgl 21 di suruh dateng

    ReplyDelete
  57. Adik saya jg kerja di EWf ini dari bulan april di samarinda tpi sampai sekarang blm dapat gaji krn blm dapat nasabah

    ReplyDelete
  58. Saya mau tanya kalau bagian administrasi itu juga cari nasabah, terima kasih

    ReplyDelete
  59. Hmmm ulasannya, cukup menginspirasi

    ReplyDelete
  60. barusan didatengin mbak2 cantik, bilangnya Dari departemen perdagangan untuk sosialisasi, dan ternyata mereka dari EWF emang yang mereka tawarkan produk emas Dan langsung saya bilang gak tertarik, lebih baik buat jualan kopi aja uangnya, lebih menguntungkan..

    ReplyDelete
  61. wah makasih tulisannya mba sangat membantu, saya barusan ditelpon buat interview dari EWF ini trus research apaan sih ini perusahaan soalnya saya ngga masukin CV ke EWF ini dan pas liat web resminya kok tentang keuangan which is ngga berhubungan dengan studi sarjana saya, teknik mesin. saya diundang buat hari senin besok trus ngeliat banyak tulisan bahwa posisinya nanti bakal jadi broker, saya jadi memutuskan ngga dateng ke interview. makasih yah sharing informasinya mba!

    ReplyDelete
  62. Ini kalau jadi call center ga akan nawarin ke nasabah juga kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga diundang interview jd call center, kakaknya pada waktu itu jd dtg ga?

      Delete
  63. Disuruh datang ya hari senin besok?

    ReplyDelete
  64. Maksh kaka cantik info nyaaa . Baru hri ini mau dtng buat interview . Tp baca artikel yg tdi jdi gak jdi dtng deh. Buat interview .. Hehehe

    ReplyDelete
  65. tanks mbk ulasannya sanat membantu, saya sempet tergiur sih dg backraund pt nya, tapi yang saya ragukan saya hanya melamar melalui aplikasi dan anya menceritakan ttg penalaman kerja saya, belum ada lamaran, bahkan posisi apa blm tentu soalnya terdapat 3 divisi untuk lulusan sarjana, saya kira sperti pekerjaan layaknya asisten manager mengelola file dan menurus karyawan krn itu bidan saya, tpi ternyata ada accounting yg jd marketing...besok saya ada panggilan interview di surabaya, ga tau knapa dr kmaren adanya cma ragu dan ragu, alhamdulillah sekarang yakin..dan benar kita arus mengabiskan jatah gagal kita sebelum menuju kesuksesan, dan ini jatah gagalku yg kesekian kalinya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru dapat pesan via email.untuk datang interview di sby tgl 24 september. Saya sama persis kayak kakak ngirim via aplikasi tapi itu gak lengkap2 amet si soalnya belum wisuda juga cuma baru dapat SKL. Setelah baca2 blog dan komenan yg lain kok jadi ragu ya.. Jauh banget sama jurusan saya juga yang hanya anak Pertanian :D. Terima kasih infonya kak

      Delete
  66. saya dpt pangilan ini ewf jadi ragu buat interviw hari senin,bingun jadi nya saya lihat semua posting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trs akhirnya dtg interview ga mba?

      Delete
    2. Ada yang hari senin mau interview gak ?

      Delete
  67. aku dipanggil interview dengan posisi assistant manager. Itu apa disuruh cari nasabah juga? jadi ragu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa mbak jadi datang? Aku juga dapat panggilan interview posisi assistant manager

      Delete
  68. Hari : Senin
    Tanggal : 06 Agustus 2018
    Tempat : Kantor Trillium Office & Residence lantai 2
    surabaya


    dapat pnggilan... ngk usah datang saja.. saya ragu... ketimbang kerja rodi

    ReplyDelete
  69. Hari : Senin
    Tanggal : 06 Agustus 2018
    Tempat : Kantor Trillium Office & Residence lantai 2
    surabaya


    dapat pnggilan... ngk usah datang saja.. saya ragu... ketimbang kerja rodi

    ReplyDelete
  70. Wah besok hari pertama saya training, kira2 Dateng ga yah ?!

    ReplyDelete
  71. Siap 86 komandan, kehidupan itu keras sekeras gunung

    ReplyDelete
  72. Kamis,23 Agustus 2018.. Ada panggilan tidak tercantum jelas posisi apa yang akan saya tempati.. Adakah saran(?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga dapat panggilan mas, buat interview di Kuningan Jakarta, setelah baca blog ini saya jadi ga mau datang mas, jauh2 saya dari padahal, ntar disuruh cari nasabah, saya sih ngelamar lewat email pada posisi financial analyst.

      Delete
  73. Saya dapat panggilan ga di sby jadi assistant manager,Ini pekerjaannya apa ya?apakah cari nasabah?

    ReplyDelete
  74. Saya jug, besok disuruh psikotest sama pembekalan. Bilangnya kerja di bagian staf gitu

    ReplyDelete
  75. Saya jug, besok disuruh psikotest sama pembekalan. Bilangnya kerja di bagian staf gitu

    ReplyDelete
  76. Saya besok ada panggilan untuk bagian call center? Kerjaannya ngapain ya

    ReplyDelete
  77. Semua jabatan di mulai dari pencarian nasabah. Semakin banyak yg kalian dapatkan nasabah, semakin banyak gaji dan cepat naik jabatan. Dasarnya perusahaan ini gak ada gaji pokok, karena dpat dari bagi hasil atas nasabah tersebut. Saya pernah kerja di perusahaan yg sama seperti itu. Faktanya susah cari nasabah dan harus cari saudara terdekat dulu, masalahnya saudara saya miskin semua, hahaha dan solusinya yaa keluar dari dunia itu. Maaf kalau ada salah komen ya

    ReplyDelete
  78. Barusan sy dpt panggilan interview, jadi telemarketing besok. Lihat2 dululah, klo ujungnya cari nasabah & harus create list sendiri, saya mundur langsung. Simpel aja.

    ReplyDelete
  79. aduh bsok sya di panggil interview dan lngsung training.gimna nihhh??????

    ReplyDelete
  80. Trimakasih mba cakep untuk informasinya.. 😂

    ReplyDelete
  81. aku tgl 10 ada panggilan gaess enaknya dteng apa nggk 🤣😅😂 wkwk

    ReplyDelete
  82. Silahkan di bagikan melalui medsos (of,wa,fb,telegram,line dll)teman teman sekalian Bila bermanfaat, agar teman2 kita tidak mudah terobsesi oleh penawar pt. Dalam mencari pekerjaan.sebelum itu silahkan di baca pengalaman saya di bawah ini.

    Berbagi pengaman.
    Saya bekerja selama 3bulan di pt yang tujuannya sama dengan pt ini.
    Pengalaman saya selam 3bulan.
    1.iming iming yang menggiurkan
    2.Fasilitas yang di sediakan pt.nya sangat canggih semua.
    3.gaji yang besar diatas rata2 10jt.
    4.jam kerja yang relatif sedikit 5-6 jam/hari senin-jumat(tanggal merah off).
    5.pekerjaan sebagai accounting
    TERNYATA!
    Point 1 & 3 menunggu hasil dari point yang ke 5, dan nyatanya point 5 bukan accounting melainkan mencari nasabah yang mau inves uangnya melalui perusahaan berjangka jakarta. Dengan perantaraan Pt tersebut. Jadi selama saya belum dapat nasabah saya tidak dapat gaji sepeser/serupiah pun. Alhasil selama 3bulan saya bukan menghasilkan uang melainkan menghabiskan tabungan saya. Setelah saya pikir pikir saya ketipu oleh orang yang mengajak saya kerja di pt itu. Yang ingin saya sampaikan jangan mudah terobsesi oleh point 1-5.
    Info:
    Hp.085274608291
    Wa.085274608291
    Ig.ary putra harefa
    Fb.ary putra harefa
    Telegram.085274608291

    ReplyDelete
  83. Persis seperti pengalaman saya sebelumnya tepatnya di jkt,namun beda nama PT tpi satu tujuan..ikut test dan interview 2 hari bolak balik dijelaskan bla bla bla yg pada akhirnya digaji klo dpt nasabah dan di acc,klo ga dpt ya kerja bakti judulnya..bukan hoax tpi pengalaman pribadi saya 😊,tpi klo bro and sis mau coba dtg silahkan

    ReplyDelete
  84. Hari senin besok dapet panggilan test buat posisi opt,masih bingung dan ragu dateng apa enggak, besic emang nyari nasabah cuman nasabah yg mau pinjam uang dulu,lah klo ini kurang paham juga, saran dong gimana dateng apa enggak?

    ReplyDelete
  85. Panggilan Interview kerja PT. Equityworld Surabaya
    data anda sudah kami terima & seleksi via iklan indeed.com, dimohon hadir dikantor kami pada :

    Hari : Senin
    Tanggal : 24 September 2018
    Jam :11.00 - 14.00 WIB
    Tempat : Kantor Trillium Office & Residence lantai 2
    Alamat : Jalan Pemuda no. 108 - 116 Surabaya (parkir mobil), Embong Kenongo no. 75 - 77 Surabaya ( parkir motor)
    Menemui : Andik Rohman (M6)

    Harap membawa :
    1. surat lamaran,
    2. CV terbaru (cantumkan alamat email anda),
    3. pas foto 4x6,
    4. foto copy KTP,
    5. foto kopi Ijazah terakhir (surat keterangan lulus bagi yg ijazah belum ada),
    6. foto kopi KK,

    Berpakaian Rapi, sopan, tidak memakai pakaian berbahan jeans, dan bersepatu pantofel
    segala jenis pertanyaan bisa ditanyakan langsung ketika interview.

    Ada yang dapat pesan seperti ini juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama aku juga dapat email kya gtu jga dr pt.EWF, saya mau interview tgl 8 okt besok...

      Delete
  86. Maksudnya masnya tadi yang diperdagangkan itu adalah nilai kontraknya mas bukan mas fisiknya klu mas fisiknya lebih familiar ya mas dalam bentuk Antam,cincin,gelang begitu. Saya paham mengenai ini. Tapi sayangnya kita nyari nasabah dgn modal awal 100 juta dengan Terget keuntungan 2 juta perhari.

    ReplyDelete
  87. setelah membaca postingan teman2 semua sya jadi negative pikirannya.. sya juga dpt tawaran krja d perusahaan itu oleh slah satu teman wa sya alhasil krna sya liat semua komentar agak miring.. ya mungkin ada baiknya sya menolak secara halus kalii ya😆😆

    ReplyDelete
  88. Yah...tadi saya interview
    Bsok sruh psikotes
    Ada yg interview tadi nggak??

    ReplyDelete
  89. Saya lulus interview di EWF medan di gedung CIMB niaga lt8. Dan hari selasa nanti tranning kata HRD nya. Saya makin penasaran dg perusahaan ini terkait dengan kabar dan pengalaman kawan2 di atas.
    Ada yang ikut traning di hari yang sama disini ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya masi ditelpon utk dtg buat hari senin interview, di gedung CIMB niaga lt 8, itu sampai sekarang gimana kak?? Masi diteruskan ga ??

      Delete
  90. Alhamdulillah allah masih kasih petunjuk yg baik utk saya... Sedikit cerita nih ya mba,jadi hari ini tepatnya tgl 11okt2018 saya ada panggilan interview dan psikotes di EWF, saya berdomisili di dpk, jabar nah kantor EWF itu di daerah kuningan, jaksel lumayan jauh dari tempat saya. Tapi hati saya msh ragu2 utk menghadiri interview&psikotes di EWF karna pas saya liat alamatnya, itu kaya kantor tmn saya yg pernah bekerja sebagai pencari nasabah walaupun saya gatau itu perusahaan bergerak di bidang apa,semakin malem perasaan saya makin ga karuan saya coba sharing ke ibu saya dan beliau menyarankan utk dipikir2 dulu ntah apa alasan beliau blg spt itu saat saya tanyakan alasannya, alasan beliau cuma "ya dipikir2 dulu aja, kan syg udah jauh2 tapi hasilnya ga sesuai" saya ttp ga paham apa maksud beliau seusai sholat saya minta petunjuk dari allah gmn baiknya, alhamdulillah setelah saya selesai ada terbensit pikiran utk mencari tau profil perusahaan tsb dan ga di sangka2 bnyk respon kurang baik thdp EWF, saya baca thread di kaskus ada yg blg duit di perusahaan itu duit kotor lah, aduh seremnya duit kotor semacam kaya duit ga halal mungkin ya dan setelah saya baca bbrp review tentang EWF dan saya simpulkan perusahaan tsb bergerak di bidang tanam saham dan karyawannya lah yg mencari nasabah malah ada yg blg mau kita taro diri kita di bidang cs, admin, entry data dll yg bukan berhubungan dgn marketing pun ttp kerjanya cari nasabah dan itu emg jatohnya kita jadi sales marketing,kalau kalian ga dpt nasabah bnyk ya kalian ga dpt apa2... Alhamdulillah bgt allah lgsg kasi jalan aku ya dan terakhir feeling org tua selalu tepat biarpun kadang tanpa alasan yg jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener banget sama seperti saya, padahal saya sudah bosan menganggur dan ingin sekali kerja. tapi pas saya cari tau tentang pekerjaan tersebut semangat saya jadi hilang begitu saja. saya ga mau dateng jauh2 tapi ga hasil karena jarak dari rumah saya ke kuningan lumayan jauh banten-kuningan butuh waktu berjam-jam untuk sampai. terimakasih infonya.

      Delete
  91. Saya senin ada interview dicyber 2. Baiknya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, saya senin interview tpi di medan sii, padahal berkas2 saya juga ga terlalu lengkap, uda ditelpon aja

      Delete
    2. Sama saya juga tgl 5 disuruh datang untuk interview, sebaiknya datang atu tidak ?

      Delete
  92. Saya besok ada interview tgl 2 november 2018 di gedung cyber 2 lantai 19

    ReplyDelete
  93. Saya besok ada interview tgl 2 november 2018 di gedung cyber 2 lantai 19

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba nya dtg ga? Aku juga dapet panggilan nih. Tapi aku masi bingung

      Delete
  94. Waduh,tyt perusahaan yg bergerak mencari nasabah ya,jd kurang minat,hari senin 12 nov 2018 sy ada interview di gedung cyber 2,ada yg dpt panggilan jg ga ya ?

    ReplyDelete
  95. saya senin besok ada panggilan, enak nya di datengin apa ndak ya? 😁😁

    ReplyDelete
  96. Kalo posisinyaa call center.. Apakah mencari nasabah jugaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yg namanya siapa ya..
      Tdi satu ruangan ya sma saya?

      Di coba aja kak..
      Call center bukannya cuma terima telpon mazuk doang ya

      Delete
  97. Manajer tranee..

    Udahlah urungkan niat ini ����

    Kayanya gk ada basig di bidang kaya gini...

    Sama tdi siang juga gw lolos ke MT

    ReplyDelete
  98. Btw aku sekarang lagi proses seleksi disini... Kayaknya satu tempat sama mbak penulis blog di surabaya di dekatnya monkasel lokasinya.....dan prosesnya 90 persen sama persis dengan mbaknya.... Besok udah mulai on job training....

    ReplyDelete
  99. Saya bingung,kemarin saya interview d ewf yang d Kuningan,krna posisi saya juga masih keiket kontrak prushaan nya ga mau ,dan ngasih solusi "urus2 resign dulu baru bisa hubungi saya lagi"
    Tpi posisi yang d lamar saya admin.kira2 apa sama nyari nasabah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dateng ga? Boleh ceritain sedikit dong kalo dtg. Karna saya juga dapet panggilan untuk besok. Tp saya bingbin

      Delete
  100. Bsok saya ada panggilan job ni.. Datang ga ya info dong mbak/mas

    ReplyDelete
  101. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  102. Saya tadi juga mendapat email untuk panggilan wawancara pada tanggal 12. Minta sarannya kak, enaknya didatangin apa nggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhe saya tgl 12 juga dapat panggilan.tp setelah baca ini sy jadi tau.

      Delete
    2. Sama setelah baca ini saya jadi ragu

      Delete
  103. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  104. @rizka @hanggono
    gmn mau pd dateng gak
    q masih bingung, gk ada tmen soal ny

    ReplyDelete
  105. Hari ini saya di suruh dtg intrview,
    Jdi betul" ragu lahh

    ReplyDelete
  106. Mbak saya mau nanya nih, kalau Front Liner di EWF kerjanya seperti apa ya mbak?

    ReplyDelete
  107. Intinya mau kita ngelamar di admin ,atau call center,atau apapun itu . Ttep semuanya di jadiin nasabah,itu cuma alibi doang biar kita mau . Saya udh kerja disitu dan saya keluar,cuma ngabisin duit dan tenaga . Kalo ga dapet dapet nasabah sampe taun kuda pun ga akan dapet gaji��Miris si di boongin gini,tapi gpp semoga dapet kerjaan yang lebih baik aamiin

    ReplyDelete
  108. Kalo untuk bagian HRD apakah cari nasabah juga

    ReplyDelete
  109. Pas banget sy bru saja dpt panggilan interview. Krna kisah mba.. Sy jd tau ..
    Terimakasih informasinya.

    Jgn lupa mampir www.kitainfoin.com
    Mungkin akn sy jadikan ceriTa saya stlah membaca blog mba.

    ReplyDelete
  110. Daripada dateng ke EWF, mending dateng ke rumah Mbak yg bikin blog ini aj kali ya, pengen tau secantik apa dirimu ini :D haha bercanda

    Besok senin.dapet interview, tp kalau banyak respon negatif, ku pasrahkan, tidak msngikuti. Wassalam

    ReplyDelete
  111. Sama besok senin gua dpt panggilan. Tapi di jakarta pusat..ada yg dipabggil juga beaok senin tanggal18 februari 2019? Komen kalau ada

    ReplyDelete
  112. ane ada suruh dtng bsk senin jam 9

    ReplyDelete
  113. Selasa ada pgln intrvw & psikitest, katanya. Jadi makin ragu + galu, tp penasaran jg sih, emng cantiknya kaya apa sih. 😁

    ReplyDelete
  114. Terimakasih infonya. Saya jadi tau mengambil keputusan mengenai training untuk hari selasa pukul 09:00 di CIMB Niaga (Gedung Forum Nine Lt.8), Medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku di Medan bg. Bukan CS tapi divisi desain web dan informasi keuangan

      Delete
  115. Pokoknya disana itu semua yang psikotest udah pasti dan bakal lolos ke tahap selanjutnya yaitu interview ke manager trus training trus interview ke user lalu diajarin cara ngitung profit dan loss (untung rugi) dan semua jabatan posisi yang kamu lamar disana, ga akan ngaruh, karna disana semua jabatan posisi yang kamu lamar itu akan dialihkan ke Management Trainee, cari nasabah yang mau deposito uang 100 juta, untuk dapet penghasilan puluhan juta per bulan, kalo engga dapet nasabah yaa, antara ga digaji sama digaji dibawah UMR. Pokoknya disana diajarin banget untuk jangan pesimis dll. Good luck.

    ReplyDelete
  116. Hari ini saya dapat panggilan interview untuk tanggal 6 mei 2019, yang saya lakukan setelah mendapat email panggilan interview, saya brwosing tentang background perusahaan tersebut, dan setelah tau, akhirnya saya putuskan untuk tidak datang ke sana. dijkarta kuningan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga dapet panggilan interview, tanggal 9 Mei. Klo tidak datang, apa dihubungi terus?

      Delete
  117. PT.EWf cabangnya di manado bagus.kerjanya bukan mencari nasabah.beda beda saya uda tes kerja di PT.Ewf. gampang kalo yang belum mengerti susah.tapi bukan masalah mencari nasabah.bukan tetp digaji sesuai gaji UMP.yang ditetpkan pemerintah.cari kerjw di mnado.semakin anda banyak merantau semakin banya juga kenalan atau tentang pekerjaan.semua kota semua desa.beda beda pekerjaan ada yang bagus ada yang tida bagus.kerja dimnado bagus bagus.

    ReplyDelete
  118. saya senang krja di PT.Ewf.dimnado kerjanya bukan cari nasabah gitu.beda tapi tetap digaji sesuai gaji UMP.yang ditetapkan pemerintah.makanya jangan prcaya omongan orang orang kita msnusia kan beda beda.ada yang sukses ada yang tida sukse.datang ke manado banya pekerjaan di mnado.banya merantau banya teman banyajuga pekerjasn yang kamu dapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nanya nih. Kita di gaji kalau dpt nasabah saja kah? Jika kita tidak dpt nasabah apa kita tak di gaji?

      Delete
    2. Gimana ya,, saya dapat panggilan besok,,, tapi jdi ragu.

      Delete
  119. Waduh tadi udah tes hari pertama enak d lanjut apa enggak ya

    ReplyDelete
  120. Hmm im dizzy....give me...petunjuk ya robb

    ReplyDelete
  121. jadi apapun yang di lamar posisinya ujungnya akan marketing kah? saya ada jadwal interview senin besok

    ReplyDelete
  122. Oke fix ngak ngelamar kerja disitu wkwkwk.

    Krjanya ngak cocok sma gue.


    Lelah cuu

    ReplyDelete
  123. Dapat panggilan di wa untuk ikut tes di Surabaya, dan saya tidak tertarik datang. Wkwk

    ReplyDelete
  124. Kemarin dapet panggilan , langsung interview g pake tes. Besoknya suruh dateng ikut training padahal belom ngelampirin berkas pas hari interview. Hari imi training persis sama kaya cerita mbaknya

    ReplyDelete
  125. Besok aku ada panggilan interview jga tpi bngung mau dateng enggak setelah liat ini�� pdahal udh seneng bgt bsa dipanggil kerja

    ReplyDelete
  126. share pengalaman aja nih, barusan gw dapet "kunjungan" dari temen gw, awalnya bilang mao dateng sendiri, ternyata berdua, sama manager nya, alih2 mao terangin soal saham, ujung ujung nya malah minta invest minimal 100jt nanti di bentukin dalam saham berjangka, gw emang nggak paham soal saham, setelah di jelasin bla bla bla dengan profit yang M M an, dan fee yang "kecil" ketika profit nya M M an, gw gamao langsung gitu aja invest, gw bilang gw mao baca baca lagi... setelah gw googling dan sharing sama temen gw yang jago dalam hal financing, audit, dan perbankan, bener aja dugaan gw, company dengan embel embel futures hanya perduli soal "CLOSING" disaat ada orang mao invest min 100jt ke mereka, setelah itu something happen di trading nya, mereka diem diem aja, toh yang mereka kejar hanya "CLOSING" yang artinya setiap ada orang yang mau invest min 100jt, baru deh mereka gajian... sebagai temen, gw sedih tau temen gw kerjanya begitu, tapi sebagai seorang profesional dalam dunia kerja, apa yang blog, review, dan hasil diskus dengan banyak orang tentang hal ini, itu bener hahahaha ujung ujung nya jualan... toh kalo memang perusahaan ini BESAR dan profit nya se M M an itu, kenapa mereka masih cari cari karyawan / sales / broker apalah sebutanya, untuk cari nasabah / calon investor?

    dan yang paling penting, NEVER TRUST YOUR MONEY TO OTHER PEOPLE, MANAGE YOURSELF hahahahahaha

    ReplyDelete
  127. Kok review ceritanya sama persis kya pt rfb ya

    ReplyDelete